dalam kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah objeck atau bentuk 2 dimensi menggunakan visual studio dan bahasa pemrograman C++. Visual studio yang digunakan bisa dari versi berapa saja, namun disini saya menggunakan Visual C++ 2008 Express Edition karena saya memalkai laptop kentang hehehe. akan tetapi visual studio yang saya guanakan masih sangat berguna dan sangt bisa sekali digunakan untuk menggambar objek 2 dimensi bahkan 3 dimensi skalipun dan mungkin bisa juga sebagai alternatif teman-teman yang masih menggunakan laptop kentang. hehe.
langsung saja kita mulai dengan mencoba membuat inisial nama dengan menggunakan objek dan gradiasi warna
silahkan coba ketikkan
|
#include <stdio.h> #include <glut.h> #include <string.h> #include <stdarg.h> void persegi(void) { glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Huruf H kiri glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (-0.9, -0.5); glColor3f (0.0, 1.0, 1.0); glVertex2f (-0.9, 0.5); glColor3f (1.0, 0.0, 1.0); glVertex2f (-0.8, 0.5); glVertex2f (-0.8, -0.5); glEnd(); //Huruf H
kanan glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (-0.6, -0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.6, 0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.5, 0.5); glVertex2f (-0.5, -0.5); glEnd(); //Huruf H
tengah glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (-0.8, -0.05); glColor3f (1.0, 5.0, 1.0); glVertex2f (-0.8, 0.05); glColor3f (0.5, 5.0, 0.0); glVertex2f (-0.6, 0.05); glVertex2f (-0.6, -0.05); glEnd(); //Huruf o kiri glBegin
(GL_POLYGON); glVertex2f (-0.4, -0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.4, 0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.3, 0.5); glVertex2f (-0.3, -0.5); glEnd(); //Huruf o atas glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (-0.3, 0.4); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.3, 0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.1, 0.5); glVertex2f (-0.1, 0.4); glEnd(); //Huruf o
bawah glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (-0.3, -0.4); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.3, -0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.1, -0.5); glVertex2f (-0.1, -0.4); glEnd(); //Huruf o
kanan glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (-0.1, -0.5); glColor3f (0.5, 1.0, 0.0); glVertex2f (-0.1, 0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (0.0, 0.5); glVertex2f (0.0, -0.5); glEnd(); //Huruf L
berdiri glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (0.1, -0.5); glColor3f (1.0, 0.5, 0.5); glVertex2f (0.1, 0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (0.2, 0.5); glVertex2f (0.2, -0.5); glEnd(); //Huruf L
Tidur glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (0.2, -0.5); glColor3f (1.0, 0.5, 0.5); glVertex2f (0.2, -0.4); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (0.4, -0.4); glVertex2f (0.4, -0.5); glEnd(); //Huruf L
berdiri glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (0.5, -0.5); glColor3f (1.0, 0.5, 0.5); glVertex2f (0.5, 0.5); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (0.6, 0.5); glVertex2f (0.6, -0.5); glEnd(); //Huruf L
Tidur glBegin (GL_POLYGON); glVertex2f (0.6, -0.5); glColor3f (1.0, 0.5, 0.5); glVertex2f (0.6, -0.4); glColor3f (1.0, 1.0, 0.0); glVertex2f (0.8, -0.4); glVertex2f (0.8, -0.5); glEnd(); //code yang
memastikan program dapat berjalan glFlush(); } int main(int argc, char
**argv) { glutInitWindowPosition (0,0); glutInitWindowSize (640,640); glutInit(&argc, argv); glutCreateWindow("nama"); glutDisplayFunc(persegi); glutMainLoop(); return
0; } |
Jika sudah coba jalankan program, jika berhasil maka program akan jadi seperti gambar dibawah ini
itu saja dari saya, silahkan mencoba dan terimakasih sudah berkunjung
Untuk Referensi bisa menggunakan Modul disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar